Social Icons

Pages

Kamis, 16 Mei 2013

Cara Mengatur Uang Saku Untuk Mahasiswa

A. mengatur pengeluaran
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatur dan mengontrol dari pengeluaran kita:

1. Buat anggaran dan Sisihkan uang dari awal
Setiap kita mendapat kiriman dari orang tua atau yang mensuport kita masalah keuangan, sebaiknya kita buat yang namanya anggaran bulanan untuk menentukan pengeluaran rutin apa saja yang akan kita gunakan(kalau bisa ada rincian uangnya) setelah itu kita sisihkan uang sejumlah anggaran bulanan itu. Contohnya, setiap hari jumat kita main futsal dan biaya yang kita keluarkan rata-rata 12.500+ Minum 2.500 = 15.000 ( 1 bulan 4x15=60000). Pisahkan sejumlah uang tersebut untuk membayar futsal tersebut. ooo ya dalam anggaran ini juga sebaiknya kita membuat pos uang jaga-jaga, ini khusus untuk pengeluaran tak terduga nantinya.

2. Hindari beli barang dengan merek terkenal
Sebagai mahasiswa pasti juga harus membeli barang barang sesuai kebutuhan. Tapi perhatikan pada saat membeli barang, jangan beli barang selalu berorientasi dengan merek terkenal. Ini kebiasaan yang harus dihindari. Biasakan untuk membeli barang dengan skala prioritas dan kualitas dari barang tersebut. Kan lebih untung kalau kita bisa beli barang yang berharga murah dengan kualitas baik dibanding barang dengan harga mahal karena barang tersebut merk nya sudah terkenal.



3. Cari tempat makan yang murah dan sehat
Memilih pengeluaran untuk makan memang yang paling utama. kita harus pandai mencari tempat makan yang murah dan juga sehat. sekali-sekali tidak apa-apa sich kalau kita ingin menikmati yang namanya "makan mewah", ini untuk memberi variasi menu. Ingat yang terpenting adalah gizi dari makanan itu, jangan juga kita pilih makanan yang murah tapi tidak bergizi. tapi disini saran saya ya bijak saja untuk memilih keseimbangan harga dan gizi tadi.


4. Hindari kegiatan nongkrong
Nongkrog sich boleh-boleh saja, tapi jangan tiap saat kita nongkrong. ini nantinya bakal menambah beban di pengeluaran kita. contoh nih kita nongkrong beli es teh + gorengan 4 + Rokok 1= 5000 x 30 hari = 150 000 (asumsinya 1 hari 1 kali nongkrong, kalo 2 x ya di kali 2 ). ini tambahan pengeluaran yang luamayan menguras dari jatah bulanan kita.

5. Hemat Pengeluaran yang bukan prioritas
Sekarang memang bertaburan loundry murah, tapi disinilah kemauan untuk hemat itu diuji. kalau kita mau merelakan waktu dan tenaga kita sedikit untuk mencuci baju, kita bisa melakukan penghematan yang banyak. Biaya loundry bisa menghemat 1/4 dari pengeluaran bulanan kita. kalo tidak percaya bisa dicoba sendiri atau minimal dihitung sendiri ya.



B. Memperbesar Pemasukan
Selain melakukan penghematan, kita juga harus bisa menambah penghasilan tambahan kita. Memperbesar pemasukan ini bisa dengan beberapa cara :

1. Cari Beasiswa
Biasanya di kampus tersedia banyak sekali beasiswa. asal kita jeli saja untuk mencari informasi pasti dapat, selain itu perhatikan juga syarat2 dari beasiswa tersebut. Lumayan kalau kita bisa tembus salah satu beasiswa saja. Kita bisa traktir anak satu kos selama sebulan .hehehehe

2. Cari penghasilan tambahan melalui hobi
Ini yang paling mungkin, langsung ke contoh saja. Kalo hobi menulis kita bisa menyalurkan hobi kita dengan mengirim tulisan ke beberapa koran lokal, lumayan penghasilan yang di dapat. selain itu kita juga bisa membuat usaha kecil-kecilan dengan cara join bersama teman, seperti membuka reparasi komputer atau warung makan kecil. Lmayan lho hasil yang bisa dirasakan dari kerja sampingan seperti ini.(usul saja saya sendiri belum coba ta[i banyak teman saya yang sudah merasakannya. hehehe)

Itu saja yang bisa saya share tentang bagaimana cara mengatur keuangan sebagai anak kuliahan (Mahasiswa) moga bermanfaat... ^__^
Comments
0 Comments